Sudah Saatnya UMKM Indonesia Go Online

kompas.com - Bagi anda yang bergelut di dunia usaha dan belum menyentuh pemasaran via online, kini anda bisa memanfaatkan program bisnis lokal go online yang difasilitasi oleh Google Southeast Asia. Bekerjasama dengan Kementrian Industri, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kamar Dagang Industri (KADIN), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Bakrie Connectivity, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Melsa, dan Multiply.com.

Program ini berjalan atas prakarsa Google South East Asia, sebagai respon atas kenyataan betapa banyak UKM di Indonesia yang belum memanfaatkan kelebihan dari media online.

Menurut data statistik, seperti yang dilansir kompas.com, hingga saat ini dari 52,7 juta UKM yang ada di Indonesia, sekitar 70,6 persennya adalah usaha mikro. Berbagai keterbatasan yang dimiliki para penguasaha mikro ini tak jarang menghambat keberhasilan usaha mereka. Salah satu kendalanya adalah minimnya akses teknologi informasi hingga menyulitkan mereka memasarkan produk dan secara tak langsung juga mempersulit mereka meluaskan pelanggan di pasar global.

Sebagian UKM itu belum bergerak pada pemasaran online karena berbagai alasan, diantaranya karena menganggap go online hal yang rumit, gagap teknologi, mahal, dan tak ada waktu untuk mengurus dan meng-update websitenya.

Padahal pergeseran tren bisnis yang sangat dinamis, memaksa orang harus melek tekonologi bila ingin  bisnisnya tetap eksis dan berkibar menjangkau pasar yang lebih luas. Gerai online ini bisa mensupport gerai offline yang sudah lebih dulu berjalan.

Adanya fasilitas online dari Google ini, memungkinkan UKM yang belum mempunyai website bisa memperoleh kemudahan membuatnya dalam waktu kurang lebih 1 hari kerja sampai website beroperasi, tanpa ada ikatan apapun. Desain halaman templatenya sudah disediakan. Jadi tidaklah sulit membuatnya. 100 ribu UKM pertama yang mendaftar, dapat memiliki website, domain, dan hosting gratis selama satu tahun. Pada tahun-tahun berikutnya akan mendapat potongan harga dan dikenakan biaya US $ 12 pertahunnya atau setara kurang lebih 100 ribu bila dirupiahkan.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan berbagai tips dan pelatihan serta uji coba beriklan online gratis melalui Google AdWords. Bisa langsung membuat website anda dengan menggunakan Google Business Sitebuilder. Mengunjungi help desk Bisnis Lokal Go Online untuk mendapatkan banyak info pengetahuan bisnis.

Program ini menjadi program dan komitmen jangka panjang Google dengan Indonesia. Dengan harapan memberi manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indonesia. Membantu UKM-UKM  meluaskan pasar bisnisnya. Hingga tak hanya menyentuh pasar lokal tapi juga pasar global.

Kebetulan seorang sahabat saya, Reno  Andam Suri, yang bisnisnya pernah saya tulis disini, menjadi salah satu pengusaha yang kisah suksesnya terpilih dan diliput menjadi case study dalam website Bisnis Go Online ini. Dari hasil bincang-bincang saya dengannya, ia merasa bersyukur bisnis rendang onlinenya bisa terpilih dari sekian kandidat pengusaha yang profil usahanya disaring untuk dijadikan case study oleh pihak Google. Dibuatkan profil iklan produknya secara gratis.

Tentu saja ia berharap, keikutsertaannya bersama program Bisnis Go Online ini, selain bisa membesarkan produk usahanya, ia juga ingin bisa menularkan semangat go online di kalangan UKM melalui kisah suksesnya.

Mulailah berpikir global dengan bisnis anda…

Semoga menginspirasi anda…  

Temukan Kami Di Media Social




Blog Kategori

0 Komentar

Ayo jadi yang pertama untuk berkomentar

Beri Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan, jangan sampai komentar anda masuk dalam kategori SPAM. Trims